7 Cara Menyelesaikan Hidung Tersumbat

Wiki Article




Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala yang dapat ditemui pada penderita Covid-19 varian Omicron. Berikut cara memecahkan hidung tersumbat.
Hidung tersumbat dapat amat mengganggu karena membuat penderitanya susah bernafas via hidung.

Dikala hidung tersumbat tidak bisa menghirup oksigen, berharap tidak berkeinginan akan mengandalkan mulut untuk bernapas. Walaupun bila terlalu lama bernafas via mulut tak bagus untuk kesehatan.

Selain menyebabkan mulut menjadi kering, mulut memang tidak didesain untuk bernapas. Mulut tak mempunyai proteksi menyaring udara-udara kotor, debu penuh kuman, dan bakteri, layaknya hidung.

Supaya bisa kembali bernapas dengan normal, kenal cara memecahkan hidung tersumbat sebagai berikut.

1. Mandi air hangat
Mandi di bawah kucuran air panas bisa menolong meredakan permasalahan hidung tersumbat. Tetapi temperatur airnya jangan terlalu tinggi, ya.

Usahakan tutup pintu kamar mandi sehingga uap air bisa terkumpul. Dikala uap air telah cukup banyak, tarik napas dalam-dalam untuk melegakan sinus.

Uap yang diwujudkan dari air panas itu dapat mengurangi produksi lendir sehingga hidung bisa kembali bernafas dengan normal.

Meski uap panas itu tidak bertahan lama, tapi metode ini dapat dijadikan solusi pilihan pelega sementara.

2. Observasi temperatur ruangan
Berada di ruangan dengan temperatur udara yang hangat dan lembap juga menjadi salah satu sistem yang cukup tepat sasaran untuk menyelesaikan hidung tersumbat. Pasalnya, ini dapat meredakan peradangan dan meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung.

Metode paling mudah yang dapat dilakukan merupakan menghindari ruangan dengan suhu yang benar-benar dingin atau menyalakan air humidifier. Humidifier meningkatkan ion oksigen dan kadar air di udara.

Walaupun tak memberikan manfaat yang tetap dalam mengobati hidung tersumbat, melainkan alat ini membuat bernapas menjadi lebih mudah. Tak heran kalau alat pelembap udara ini diterapkan untuk penderita asma atau infeksi pernapasan.

Udara kering bisa mengiritasi tenggorokan dan saluran hidung. Jika udara di ruangan terlalu kering, humidifier bisa menolong. Anda mesti membersihkannya secara teratur untuk menghindari munculnya alergi lainnya imbas pertumbuhan bakteri dan jamur.

3. Oleskan minyak kayu putih
Minyak kayu putih, salep, atau balsem dapat menjadi senjata ampuh untuk menjadi metode menyelesaikan hidung tersumbat. Oleskan minyak kayu putih ke permukaan lubang hidung supaya bisa terus menghirup bebauannya.

Bila diperlukan, oleskan pula di komponen dada supaya tubuh menjadi hangat dan lebih nyaman.

Minyak kayu putih atau eucalyptus oil yang terbuat dari daun kayu putih itu sudah diterapkan selama ribuan tahun sebagai obat. Minyak kayu putih bisa membunuh kuman yang menyebabkan infeksi sinus dan meredakan peradangan pembuluh darah secara berjenjang.

4. Perbanyak minum
Ketika sedang pilek berat, lendir akan mengental dan menyumbat hidung. Untuk mengatasinya, perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.

Air hangat dapat menolong mengencerkan lendir pada saluran pernafasan, mengurangi tekanan pada sinus.

Saat tekanan berkurang, peradangan dan nyeri dampak hidung tersumbat akan berkurang.

Bila tidak biasa minum air hangat, cobalah konsumsi campuran teh jahe dan mint, air cuka apel, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung antiseptik dan dekongestan natural untuk melegakan napas.

Kecuali itu, teh memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang bagus untuk membersihkan saluran hidung.

5. Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam dapat melembapkan tenggorokan yang sakit dan gatal saat hidung tersumbat serta memberikan kelegaan pada saluran pernafasan sementara.

Coba larutkan setengah sendok teh garam ke dalam dalam 200 ml air hangat, berkumurlah dan lakukan ini empat kali sehari.

6. Hirup uap hangat
Selain mandi air hangat, Anda juga dapat meletakkan wajah di atas baskom yang berisi air hangat dan mulailah menghirup uapnya.

7. Terbaring dengan bantal yang agak tinggi
Hidung tersumbat seringkali terjadi dikala tidur di malam hari. Maka, sebaiknya dikala tidur gunakan bantal yang sedikit lebih tinggi, supaya lendir di dalam hidung bisa konsisten mengalir more info ke dalam tenggorokan Anda.

Sesudah mengenal sistem menuntaskan hidung tersumbat, cek dan konsultasikan ke dokter kalau disertai gejala lain dan tidak kunjung mereda.

Report this wiki page